Home » » Kurang Tidur Memicu Konsumsi Kalori Lebih Besar

Kurang Tidur Memicu Konsumsi Kalori Lebih Besar



Konsumsi kalori dapat dipicu dari kurang tidur. Begitulah hasil peneitian terbaru yang dilakukan di Columbia University. Ketika seseorang kurang tidur, ia akan mengalami peningkatan nafsu makan.
Studi mengenai konsumsi kalori ini dilakukan terhadap 13 partisipan pria dan 13 partisipan wanita dengan berat badan normal. Para peneliti mengkaji kebiasan makan para partisipan saat mereka ditugasi untuk tidur 4 jam sehari selama sepekan dan kemudian 9 jam sehari selama sepekan pula.
Hasilnya, partisipan yang kurang tidur rata-rata mengkonsumsi 300 kalori per hari lebih besar ketimbang mereka yang cukup tidur. Buruknya, tambahan kalori yang mereka konsumsi sebagian besar diperoleh dari lemak jenuh pemicu obesitas dan penyakit jantung.
Dampak kurang tidur terhadap nafsu makan yang meningkatkan konsumsi kalori ini lebih nyata pada perempuan. Para pria rata-rata mengkonsumsi kalori sebanyak 263 kalori lebih banyak perhari, sedangkan perempuan rata-rata mengkonsumsi hingga 329 kalori lebih banyak ketimbang mereka yang cukup tidur.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS