Home » » Soal-soal UNAS 2011

Soal-soal UNAS 2011

Soal-soal UNAS 2011 memang selalu dicari dan tak pernah berhenti dicari. Kenapa? Karena para siswa yang menjalani UNAS tahun ini ingin mengetahui soal-soal UNAS itu sebelum UNAS dimulai.
Ya, terkadang jalan pintas dianggap pantas. Demi mencapai target kelulusan (kalo g salah tahun ini 5,0), para siswa rela mencari-cari jalan pintas untuk kelulusan mereka. Mereka melakukan berbagai cara untuk mencari jawaban soal-soal UNAS 2011.
Jika tidak menemukan soal-soal UNAS 2011 di internet, mereka punya cara lain. Mungkin ‘sedikit’ mengeluarkan uang. Cara yang dimaksud adalah membeli soal-soal UNAS 2011 dari orang dalam (orang yang juga bekerja di DISPENDIK yang membocorkan soal-soal UNAS). Saya pernah mengetahui ada sekelompok siswa di sekolah yang mau membayar 9 juta rupiah untuk mendapatkan soal-soal UNAS dari orang dalam tersebut. Untuk membayar sebesar itu, mereka mengadakan iuran bulanan kepada seluruh siswa satu angkatan untuk akhirnya memiliki dana yang mencukupi untuk membeli soal-soal UNAS.
Fenomena ini disebabkan oleh momok UNAS itu sendiri. Entah kenapa, UNAS bagaikan petaka besar bagi setiap siswa. Bayangkan, kita sudah belajar giat selama 3 tahun, tapi kenapa kelulusan harus ditentukan hanya dengan segelintir soal-soal UNAS selama 3-6 hari saja?
“tiga tahun ditentukan dengan 3 hari” itu salah satu sms seorang anak SMP yang saya kenal. Tapi, ada  sms dari seorang anak SMP lain yang mengatakan “3 hari ditentukan dengan 3 tahun”. Wow.. benar juga. Kalau kita benar-benar sudah belajar giat selama 3 tahun, kenapa harus takut dengan soal-soal UNAS yang katanya berat? Toh soal-soal UNAS 2011 itu juga diambil dari rangkuman seluruh pelajaran selama 3 tahun.
Saya gini-gini juga pernah mengerjakan soal-soal UNAS. Faktanya, soal-soal UNAS yang diberikan lebih mudah dikerjakan ketimbang prediksi-prediksi soal-soal UNAS dan tryout-tryout yang diberikan oleh guru kita.
Mari, jangan lagi menganggap soal-soal UNAS 2011 sebagai momok, tapi cobalah koreksi diri apakah anda sudah giat belajar selama 3 tahun? Ingat! Yang menentukan kesuksesan masa depan kita bukanlah soal-soal UNAS 2011, tapi bagaimana kita belajar mengenai hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS