Home » , » Contoh Soal Psikotes

Contoh Soal Psikotes

Soal psikotes hampir selalu menjadi syarat utama kelulusan dalam penyeleksian tenaga kerja. Mungkin karena soal-soal psikotes mencerminkan pribadi calon karyawan. Dari soal psikotes lah tingkat kecerdasan karyawan diuji. Dari soal psikotes lah cara berpikir calon pegawai bisa diketahui. So, karena itulah biasanya para calon pegawai negeri sipil berlatih soal-soal psikotes sebelum menjalani ujian soal psikotes sebenarnya.
Biasanya soal-soal psikotes dibagi dalam beberapa bagian soal. Soal aritmatika logika (matematika dasar), soal pengetahuan umum, dan soal-soal psikologi. Pembagian soal-soal psikotes ini tidak selalu pakem. Saya hanya menggolongkan sesuai contoh soal psikotes yang pernah saya ikuti.

  1. Contoh soal psikotes aritmatika logika biasanya membahas tentang kemampuan menghitung dan memperkirakan yang dimiliki oleh peserta psikotes. Biasanya tentang deret aritmatika, alat-alat fisika, dan prinsip-prinsip fisika. Berikut contoh soal psikotesnya:
1,2,4,6,8,10,...,...,...
1,2,4,8,16,32,...,...,...
1,2,3,5,8,13,21,...,...,...
  1. Contoh soal psikotes pengetahuan umum biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum layak untuk diperbincangkan di sekitar kita. Contoh soal psikotes pengetahuan umum ini dibuat untuk menguji seberapa update kita dengan informasi-informasi yang sedang berkembang di sekitar kita. Contoh soal psikotes pengetahuan umum: Tanggal berapa hari kemerdekaan Amerika Serikat? Dll.
  2. Contoh soal psikotes seputar psikologi:
-          Gambarlah sebuah pohon selain dari pohon berikut: mangga, apel, palm, manggis, jeruk, jambu, bambu, dll.
-          Gambarlah sebuah gambar bebas yang bermula dari bentuk huruf ‘A’, dll.

Itulah contoh soal psikotes yang nantinya akan dikerjakan oleh calon pegawai, terutama PNS. Bahkan, contoh soal psikotes menjadi satu bagian yang selalu ada dalam soal-soal tes CPNS.

2 komentar:

  1. Wah mantab nie, bisa langsung dicoba

    BalasHapus
  2. Sorry kalo infonya kurang.. hehe...
    sungakan sungkan...

    BalasHapus

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS