Home » » Liga Spanyol dan Kebangkitannya

Liga Spanyol dan Kebangkitannya

Liga Spanyol merupakan salah satu liga terbaik dalam dunia sepakbola. Liga Spanyol alias Liga Primera memberikan kesan berbeda bagi penontonnya. Diantara liga-liga terbaik di dunia, tahun ini Liga Spanyol menjadi liga paling diminati mengalahkan Liga Inggris.
Dulu, liga spanyol kurang dipandang jika dibandingkan dengan liga-liga lain. Dibandingkan dengan Liga Inggris, liga yang terkenal dengan kecepatan bermain yang tinggi, liga yang keras, dan liga yang membutuhkan mental baja ketika bertanding, Liga Spanyol sangat jauh dibawahnya. Dengan Liga Italy, liga yang memiliki tim-tim dengan pertahanan super ketat dan bermain aman, nyaris tanpa gol, tim-tim di Liga Spanyol pun tak seketat pertahanan tim-tim di Liga Italy.
Mungkin saat itu Liga Spanyol hanya sedikit diatas Ligue 1 (Perancis). Sebenarnya, Liga Perancis merupakan liga yang paling kompetitif dibanding liga-liga lain karena kualitas setiap timnya yang hampir merata. Tapi, mungkin justru karena itu tim di Liga Perancis sangat jarang difavoritkan oleh penonton karena tidak adanya tim yang menonjol. Jelas-jelas Liga Spanyol sedikit berada diatas Liga Perancis.
Sekarang, Liga Spanyol mulai dipandang oleh para penikmat berita bola.  Klasemen Liga Spanyol lebih banyak dicari ketimbang klasemen Liga Inggris. Mungkin awalnya berasal dari popularitas Barcelona dengan permainan tiki-taka yang memukau penikmat kopi (ups, penikmat berita bola). Setelah Pep Guardiola masuk dan langsung mempersembahkan 6 gelar dalam semusim, Barcelona mendongkrak popularitas Liga Spanyol.
Ditambah dengan banyaknya pemain-pemain terbaik dunia yang masuk ke Liga Spanyol, sebut saja Kaka dan C. Ronaldo (mantan pemain terbaik dunia), Khedira dan Oezil yang bersinar di PD 2010, tambah lagi dengan raihan Messi sebagai pemain terbaik dunia dan peraih ballon d’Or bersama Xavi dan Iniesta yang juga masuk sebagai nominasi pemain terbaik dunia. Tambah lagi pelatih terbaik dunia, Jose Mou yang masuk ke Liga Spanyol bersama Carvalho.
Liga Spanyol sudah tidak bisa dipandang remeh. Liga Spanyol sudah bangkit. Meski hanya 2 tim yang menjadi favorit masyarakat dunia, Liga Spanyol tetap menjadi tontonan yang lebih menarik ketimbang liga lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS