Home » » Ibu Obesitas Akan Meningkatkan Resiko Kematian Bayi

Ibu Obesitas Akan Meningkatkan Resiko Kematian Bayi

Ibu obesitas akan melahirkan bayi yang akan memiliki resiko mortalitas (kematian) lebih besar. Biasanya resiko kematian bayi ini disebabkan oleh masa obesitas ibu disaat awal kehamilannya. Kematian bayi yang diakibatkan oleh ibu obesitas akan terjadi sebelum, saat kelahiran, ataupun satu tahun setelah lahir.
Thesis ini akan membuat khawatir para ibu obesitas, mereka takut bahwa obesitas mereka dapat meningkatkan resiko kematian bayi dan membunuh bayi mereka. Para peneliti memeriksa sekitar 41.000 ibu yang sedang mengandung bayi hingga proses melahirkan pada tahun 2003-2005 di Inggris. Mereka menemukan, resiko kematian bayi terjadi saat dalam kandungan ataupun satu tahun setelah melahirkan dua kali lebih besar pada perempuan dengan index massa tubuh (body mass index/BMI) 30 atau lebih dibandingkan golongan normal dengan BMI 18,5-24,5. Pada index inilah seorang ibu obesitas.
Resiko kematian bayi akibat ibu obesitas harus benar-benar diperhatikan, “kuncinya adalah ibu hamil dibantu agar berat badannya sehat sebelum dan sesudah masa kehamilan. Obesitas akan meningkatkan resiko kematian bayi, dan semua ibu tidak mau hal itu terjadi.” Ujar DR. Ruth Bell dari Universitas Newcastle.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS