Home » » Pemberian ASI Mencegah Kematian Bayi

Pemberian ASI Mencegah Kematian Bayi



Bayi memiliki tingkat rentan yang tinggi terhadap kekurangan nutrisi penting. Jika bayi mengalami kekurangan nutrisi, kemungkinan kematian bayi akan semakin tinggi.
Menyusui bayi secara dini dapat mengurangi 23% risiko kematian bayi 28 hari, dan sekitar 40% kematian balita pada saat satu bulan pertama kehidupan bayi
Seorang bidan yang bernama Ida Saripudin mengatakan, dengan adanya inisiatif menyusui dapat menurunkan angka kematian bayi.
Inisiasi dini juga berperan dalam pencapaian tujuan Millenium Development Goals (MDGs) yaitu :

1. Mengurangi kemiskinan
   Jika bayi yang dilahirkan menerima asi selama 6 bulan. Maka tidak ada pengeluaran untuk belanja susu selama 6 bulan.
2. Membantu mengurangi kelaparan.
   Pemberian asi hingga 2 tahun juga mengurangi angka kekurangan gizi dan pertumbuhan yang terhenti. Biasanya hal ini terjadi ketika bayi sudah berumur 2 tahun.
3. Membantu  mengurangi  angka kematian.
   Menyusui eksklusif selama 6 bulan benar-benar dapat mencegah risiko kematian bayi. Karena bayi mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup, maka dia terhindar dari berbagai penyakit di masa-masa paling rentan dalam kehidupan bayi.

Ida Saripudin menganjurkan kepada ibu hamil agar mau memberikan inisiasi menyusui dini dan ASI eksklusif agar bayi sehat dan kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. 

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS