Home » » Obesitas Tingkatkan Kemungkinan Kanker Payudara 40%, Penelitian Inggris

Obesitas Tingkatkan Kemungkinan Kanker Payudara 40%, Penelitian Inggris

Obesitas atau kelebihan berat badan diketahui meningkatkan resiko kanker payudara hingga 30%. Demikian hasil penelitian Pusat Penelitian Kanker Inggris baru-baru ini.
Menurut penelitian itu, lemak tubuh yang berlebihan bisa meningkatkan kadar hormon pencetus kanker, seperti hormon estrogen dan insulin yang diproduksi oleh jaringan lemak. Obesitas juga memengaruhi kinerja tubuh dalam memproses lemak dan gula serta berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh. Direktur Pusat Penelitian Kanker Inggris, Prof Sir Mike Richards, mengatakan saat ini satu dari delapan perempuan beresiko mengidap kanker payudara. Berdasarkan hasil penelitiannya, jumlah pengidap kanker payudara di Inggris meningkat 3,5% dalam kurun waktu 10 tahun, yakni dari 42 ribu kasus pada 1999 menjadi 47 ribu pada 2008.
"Risiko kanker payudara juga semakin meningkat seiring bertambahnya umur. Risiko paling tinggi ada pada perempuan berusia 50-69 tahun'" ujarnya. Olah raga dan konsumsi makanan sehat bisa menurunkan risiko kanker payudara.
Sumber: BBC News

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS