Home » , » Blogger Nasional.Is.Me

Blogger Nasional.Is.Me

Cinta tanah air adalah salah satu karakter yang harus dimiliki seorang anak muda Indonesia. Itu sudah tertuang dalam 18 Karakter Bangsa Indonesia. Bisa dengan menjadi seorang pramuka, paskibra atau sekedar berprestasi mengharumkan nama Indonesia. Tapi, bagaimana kalau tidak bisa melakukan hal-hal tersebut???

Ehm... Saya sendiri tak tau jawabannya, tapi kalau kamu seorang blogger maka gunakanlah domain .id. Yap, domain yang seharusnya menjadi kebanggan bagi seluruh netter di Indonesia. Bayangkan saja, jumlah pengguna internet kita bisa dikatakan lebih banyak dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Tapi, kenapa ya jumlah pengguna domain .id (Indonesia) lebih sedikit dari .my (Malaysia) dan .sg (Singapura)?

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa sih harus menggunakan domain .id sementara domain .com atau .net itu lebih populer??? Ehm... Akan saya coba jawab. 

Pertama, ini adalah soal idealisme dan nasionalisme. Merasa orang Indonesia, lahir dan besar di Indonesia serta cinta Indonesia? Maka gunakanlah domain .id (iklan mode : on). Ini adalah alasan pertama dan utama kenapa menggunakan domain .id, semua ini tentang cara kita menunjukan identitas sebagai orang Indonesia dan bangga menggunakannya. 

Kedua, kalau blog kamu berbahasa Indonesia dan menargetkan netter Indonesia yang jumlahnya 55 juta orang itu. Maka, gunakanlah .id. Selain membuat Google akan lebih merekomendasikan blog kamu, domain .id akan semakin menegaskan kamu adalah orang Indonesia. 

Ketiga, Google itu sebenarnya tidak menilai sebuah web/blog berdasar domainnya. Tapi, karena netter lebih banyak menggetikan .com dan .net ketimbang .id, jadi secara tidak langsung blog/web yang menggunakan TLD akan lebih banyak mendapat hits. Memang sih katanya domain itu berpengaruh pada SEO, tapi itu hanyalah salah satu unsurnya saja. 

Nah, kata-kata diatas adalah inti dari kalimatnya Thalhah Fakhrizal, orang IM2. Jadi, kalau mau marah-marah soal pendapat diatas, marahin dia aja ya. :D

Keempat, mengalami masalah dengan domain? Kalau menggunakan .id marah-marahnya bakal lebih mudah karena ngomongnya bisa dengan bahasa Indonesia, toh yang meladeni adalah orang Indonesia pula. Mau tanya-tanya juga lebih gampang kan. 

Mungkin kalian juga bertanya, kenapa saya menggunakan domain .com? Ya, itu karena syaratnya lebih mudah. Awalnya sih mau menggunakan web.id karena harganya lebih murah, tapi syaratnya harus ada KTP. Jadi, saya urungkan dulu. 

Pebruari 2013 kalau tidak ada halangan dan kiamatnya ditunda, saya akan beralih ke .id. Akhir kata : 

AYO JADI BLOGGER NASIONAL.IS.ME

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS