Home » » Go Local and Stay Loyal

Go Local and Stay Loyal

Cinta Tanah Air, yap inilah yang harus dimiliki setiap anak muda Indonesia jaman sekarang ini. Bukan cuma 'cinta mati' pada kekasihnya, tapi bisa mencintainya tanah tempat dia lahir dan dibesarkan. Sayangnya, belakangan ini banyak anak muda yang 'berjuang' mempertahankan 'tanah air kecilnya' dan melukai saudaranya sendiri, ya, merekalah para pelajar yang tawuran seenak udelnya di jalan raya.

Tawuran itu bukanlah contoh cinta tanah air bro, itu adalah contoh bahwa kita tidak bisa mencintai tanah air dan Tawuran itu TIDAK KEREN.

Oke, cukup basa-basinya segitu dulu. Sekarang kita masuk ke inti tulisan ini. Mulai minggu ini, setiap minggunya akan ada tema berbeda yang dibahas di blog ini, ya, minimal seminggu ada 2 tulisan dengan tema berbeda. Dan untuk tema minggu ini adalah CINTA TANAH AIR.

Go Local and Stay Loyal, ya walau ini adalah bahasa asing tapi saya rasa kata-kata ini cocok buat menunjukan bagaimana kita seharusnya mencintai tanah air kita.

Go Local 

Karena negara kita bukan Korea yang sedang perang dingin dengan negara tetangga, jadi rasanya tidak wajib untuk menunjukan rasa cinta tanah airnya lewat bidang militer. Bagaimana kalau yang lebih sederhana saja???

Saya sendiri masih ingat dengan iklan-iklan yang mengajak kita memakai dan mencintai produk lokal mulai dari pakaian hingga buah. Ya, inilah salah satu cara paling sederhana menunjukan rasa cinta tanah air. Saya rasa sudah banyak sekali brand dan produk lokal yang punya kualitas bagus kok.




Di bidang pakaian ada PSD (Peter Says Denim) dan Damn! I Love Indonesia yang punya kualitas tidak kalah dengan brand ternama dari luar. Di bidang makanan lebih banyak lagi, yang paling baru saya tau adalah Pepaya Calina atau lebih terkenal dengan nama Pepaya California. Walau ukurannya lebih kecil dari Pepaya Bangkok, tapi rasa dan keistimewaannya tiada duanya.

Kalau di daerah kalian ada brand-brand lokal dan produk lokal yang berkualitas, berikan dukungan kalian. Caranya? Kalau punya uang, belilah produk mereka sesekali. Atau bantu promosi di media sosial.

Stay Loyal

Stay loyal atau tetap setia, ini cara lain menunjukan rasa cinta tanah air kita. Berapa banyak orang pintar dari Indonesia yang malah menetap di luar negeri dan pindah kewarganegaraan? Weits, bukan berarti mereka tidak setia pada Indonesia, mereka tentu punya alasannya masing-masing.

Ingat ya, di beberapa negara, terutama Eropa, antara kewarganegaraan dan kebangsaan itu berbeda. Boleh saja berkewarganegaraan Jerman tapi kebangsaan tetap INDONESIA.

Nah, kalau bisa, tetaplah setia pada tanah air. Suatu ketika saat kita bisa mencapai sesuatu di luar negeri sana, kembalilah ke Indonesia dan mari membangun Indonesia yang lebih baik bersama-sama. Atau yang lebih sederhana, kita boleh saja sekolah/kuliah di luar daerah, tapi ingatlah untuk kembali ke daerah kita dan membangunnya menjadi lebih baik.

Nah, 2 hal inilah yang bisa menjadi acuan kita bagaimana seharusnya menunjukan rasa cinta tanah air.

GO LOCAL AND STAY LOYAL

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS