Home » » 7 Tahun Perjalanan Youtube

7 Tahun Perjalanan Youtube

Dulu, cuma ada 3 pilihan kalau ingin menonton video musik, mendapatkannya secara ilegal lewat CD bajakan, secara legal dengan CD original atau hanya menunggu di TV, siapa tau video yang kita inginkan akan ditayangkan. Sekarang, semua itu tidak berlaku lagi.

Untuk apa kita harus menunggu di TV atau membeli yang bajakan dengan kualitas rendah kalau kita bisa mendapat yang original dan gratis? Yap, semua itu berkat Youtube. Sebuah situs berbagi video dimana kita bisa menonton video musik (dan video lain) kesukaan kita secara gratis setiap saat.

Berawal dari garasi milik Chad Hurley dimana ide tentang Youtube muncul dan mulai dibangun, lalu pada Hari Valentine di tahun 2005, www.youtube.com didaftarkan. Hingga pada akhirnya, situs kecil itu diakusisi oleh Google pada 6 Oktober 2006 dan menjadi sebuah situs raksasa. Kini Youtube telah menjadi sebuah gaya hidup bagi banyak orang.



Youtube kini menjadi situs dengan perkembangan yang sangat pesat, menurut sebuah data setidaknya ada 72 jam video yang diunggah setiap menitnya, sedangkan tahun lalu hanya 48 jam setiap menit. Bahkan, per Januari lalu, lebih dari 4 miliar video ditonton setiap harinya. Dan setidaknya ada 800 juta pengguna di seluruh dunia pernah melihat Youtube.

Tak hanya melalui desktop, Youtube juga bisa disaksikan melalui perangkat genggam. Jumlah pengunjungnya pun terus meningkat, tercatat ada 600 juta playback setiap harinya.

Youtube tidak hanya sebagai situs hiburan yang menampilkan video-video musik dan cuplikan film, situs ini juga memiliki tampak sosial yang memperlihatkan keseharian banyak orang yang luput dari perhatian media. Bahkan, banyak pula kegiatan-kegiatan yang ditayangkan streaming lewat Youtube seperti Royal Wedding.

Youtube pun kini sudah berusia 7 tahun dan terus berkembang.

Selamat Ulangtahun Youtube dan teruslah berkembang, terus berikan kami ruang untuk berekspresi dan diapresiasi.


0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS