Home » » Steve Jobs Inspirasiku

Steve Jobs Inspirasiku

Hari ini sungguh menyedihkan, karena salah satu inspirasi terbesar saya, Steve Jobs dikabarkan meninggal dunia. Awalnya saya sama sekali tidak menyangka kalau Steve Jobs akan meninggal, karena baru beberapa hari yang lalu Apple meluncurkan produk terbarunya, iPhone 4S. Ya, walaupun dikabarkan akan hadir pada peluncuran tersebut, kenyataan Steve Jobs tidak hadir.

Bagi anda yang mungkin tidak mengenal atau tidak tau Steve Jobs, berikut ini saya berikan sedikit data tentang Steve Jobs yang saya ketahui dan alasan mengapa dia begitu menginspirasi saya.



Steve Jobs lahir di San Fransisco, Amerika Serikat pada 24 Februari 1955. Dia adalah salah satu Co-Founder dari Apple, Steve Jobs memegang jabatan sebagai CEO Apple Inc sejak 1997 hingga Juli 2011, lalu jabatannya diserahkan pada Tim Cook karena Steve merasa tidak mampu lagi menjalankan perusahaan dikarenakan penyakit Kanker Pankreasnya.

Mungkin kebanyakan remaja sekarang akan lebih mengenal Bill Gates dibandingkan Steve Jobs, tapi sebenarnya kita patut berterimakasih pada Steve Jobs. Tanpa dia mungkin sekarang ini komputer hanya ada di perguruan tinggi dan perkantoran saja.


Macintosh (produk Apple) adalah personal komputer pertama yang sukses di pasaran, padahal produsen komputer sebesar IBM saja awalnya tidak tertarik untuk membuat komputer untuk rumahan, tapi Macintosh merubah pandangan itu dan membuat komputer bisa masuk ke rumah seperti sekarang.

Beberapa produk Apple lainnya yang sukses berkat campur tangan Steve Jobs adalah iPod, MP3 Player yang punya gengsi dan kebanggaan, iPhone, smartphone dengan layar sentuh seksi dan reponsif, iPad, komputer tablet yang mendunia walau awalnya dikatai banyak orang.

Oh ya, beberapa hal yang membuat saya terinspirasi oleh Steve Jobs.

1. Steve Jobs mampu berubah. Steve bukannya berubah seperti power ranger atau ultraman, dulunya dia adalah orang yang tempramental dan egois bahkan sempat dikeluarkan dari Apple, perusahaan yang didirikannya. Tapi, saat kembali dia adalah orang yang berbeda karena lebih bijaksana dan lebih dewasa.

2. Steve Jobs adalah inovator. Siapa yang akan mengira kalau bentuk-bentuk gadget akan seperti iPod, iPhone dan iPad?? Sebuah inovasi akan dikatakan benar-benar berhasil ketika tidak ada orang yang bisa memikirkan inovasi tersebut selain sang inovator.

3. Steve Jobs punya gaya kepemimpinannya. Banyak karyawan yang bilang kalau gaya kepemimpinannya itu agresif dan sangat penuntut. Tapi, dia juga memiliki kedisiplinan yang luar biasa dan motivator yang lumayan handal. Selain itu, dia tidak mau mencampuri urusan perusahaan yang bukan bidangnya, misalnya saat memimpin Pixar.

Keunikan lainnya dari Steve Jobs, dia adalah seorang CEO perusahaan kelas dunia seperti Apple, tapi hanya dibayar $1 per bulan. Betapa miskinnya Steve Jobs? Tapi, Steve Jobs memiliki adalah pemegang saham terbesar di Apple dan pemegang saham perseorangan terbesar di Walt Disney. Lalu, untuk apa dia harus menuntut banyak gaji dari Apple Inc kan???

Selain saya, ternyata tokoh-tokoh inovator teknologi lainnya seperti 2 pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Facebook, Mark Zukerberg, dan Bill Gates juga menyatakan kalau Steve Jobs sangat menginspirasi.

Selamat jalan Steve Jobs, Selamat jalan Inspirasiku.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS