Home » » Berteman yang Baik

Berteman yang Baik

Berteman bukanlah sesuatu yang main-main, berteman adalah sebuah ilmu, seni, kebiasaan dan 'peperangan' yang memerlukan strategi tertentu agar bisa berlangsung dengan baik. Tidak semua orang bisa berteman dengan baik dengan orang lain, hal ini karena karakter setiap orang berbeda-beda.

Ketika satu karakter manusia dipertemukan dengan karakter yang jauh berbeda dan bertentangan, ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, keduanya tidak akan bisa menyatu dalam hubungan pertemanan dan kemungkinan kedua adalah keduanya akan saling melengkapi demi tujuan yang lebih baik.



Di jaman sekarang ini, berteman menjadi lebih mudah karena adanya jejaring sosial. Bahkan banyak yang mengatakan kalau dia memiliki lebih banyak teman di jejaring sosial dari pada di dunia nyata. Tapi, di jaman sekarang ini kita harus pandai-pandai memilih pertemanan. Bukan berarti kita harus memilih-milih teman, tapi kita harus menghindari teman yang mungkin akan merusak kita.

Oke, dari pada sibuk basa-basi sana-sini, berikut iniakan saya tuliskan beberapa tips untuk berteman dengan baik.


1. Jadilah seorang pendengar yang baik. Jika cinta dari mata turun ke hati, sedangkan teman dari telinga dan mata turun ke hati. Mulailah dengan mendengarkan keluh kesah teman anda, walaupun anda tidak bisa memberikan solusi, dengan menjadi pendengar saja teman anda akan merasa senang. Apalagi kalau anda bisa memberikan solusi.

2. Hargai perbedaan. Setiap orang memiliki karakter, kepribadian, sikap, sifat, ras, suku dan agama yang berbeda. Dan hal ini bukan alasan untuk memilih teman, seperti tulisan diatas kalau perbedaan adalah pelengkap dalam pertemanan.

3. Jadilah seorang pengunci rahasia. Tidaklah cukup menjadi seorang penjaga rahasia, anda harus menjadi orang yang bisa mengunci dan aib teman anda dengan baik. Dengan demikian, anda akan dianggap sebagai orang yang dapat dipercaya. Tapi, jika sekali saja anda membocorkannya maka pertemanan anda akan berakhir, karena tidak terbayang bagaimana perasaan teman anda.

Sangat sulit memupuk rasa kepercayaan dari seseorang, tapi begitu mudah untuk menghancurkannya. Seperti yang saya alami. :(

4. Selalu memberikan dukungan. Ketika orang lain mentertawakan atau bahkan mencaci teman anda, anda harus ada di sampingnya untuk mendukungnya. Jangan pernah mentertawakannya secara berlebihan, tapi tertawalah bersamanya. Selain itu, jangan hanya dekat dengannya saat sedang butuh saja. Tapi, selalu dekat dengannya adalah jalan terbaik menghangatkan pertemanan.

5. Jangan pernah ragu meminta maaf. Meminta maaf adalah sikap yang ksatria, karena artinya berani mengakui kesalahan. Tapi, percayalah tidak semua orang mau memaafkan begitu saja. Apalagi kalau anda membuat kesalahan besar. Jadi, jangan hanya meminta maaf saja, tapi lakukan hal-hal yang menunjukan anda benar-benar menyesal. Nah, kalau anda tidak merasa bersalah. Jangan juga ngotot, tapi mengalahlah dan selesaikan masalah dengan baik.

6. Mau memaafkan. Kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja, entah sengaja atau tidak. Kalau teman kita sudah minta maaf dengan ikhlas dan benar-benar mengakui serta menyesali kesalahannya, kita seharusnya bisa memaafkannya. Tuhan bisa memaafkan kesalahannya hamba-Nya yang berbuat dosa begitu besar, sebagai manusia biasa kita juga harus melakukan hal yang sama, yaitu memaafkan seseorang yang berbuat salah kepada kita.

7. Bicaralah sesuai kapasitas dan batasan. Jangan pernah berbicara dan menasehati yang berlebihan pada teman anda, terkadang hal itu bisa membuat orang menilai anda adalah orang yang sombong. Bicaralah sesuai kemampuan anda. Selain itu, anda harus tau. Teman dekat bukan berarti harus tau segalanya, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda tanyakan pada teman anda. Kecuali mereka memang mau bercerita.

8. Jangan rebut pacar teman. Dengan alasan apapun, jangan merebut pacar teman anda. Sekalipun mereka baru saja putus, dan walaupun anda serta mantan pacar teman anda itu saling suka. Hal itu akan sangat melukai perasaan teman anda, apalagi kalau anda selingkuh dengan pacarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS