Home » » Tertawa Mengurangi Resiko Hipertensi Pada Usia di atas 40 Tahun

Tertawa Mengurangi Resiko Hipertensi Pada Usia di atas 40 Tahun

Tertawa dapat mengurangi resiko hipertensi pada kelompok usia diatas 40 tahun. Setidaknya seperti itulah yang dikatakan oleh ilmuwan Jepang.


80 orang yang berusia 40-74 tahun telah dikumpulkan dan diteliti. Mereka dibagi dalam 2 kelompok, lalu riwayat kesehatannya selama 3 bulan terakhir dicatat. Selain itu, tekanan darah (tensi) mereka juga diperiksa. Setelah semuanya dilakukan, kelompok pertama diberi tugas untuk bercanda dan tertawa, sedangkan kelompok kedua diberi tugas untuk mendengarkan musik favorit mereka. Satu jam tiap hari dalam dua minggu.
Anda tahu hasilnya? pada kelompok yang mendengarkan musik, tekanan darah mereka ternyata turun 6 mm Hg, sedangkan pada kelompok tertawa, tekanan darah mereka turun 7 mm Hg. Terbukti bahwa tertawa mengurangi resiko hipertensi. Selain itu, ada thesis yang mengatakan bahwa tertawa mempercepat penyembuhan borok.
Apa yang mereka alami dapat mengurangi resiko penyakit seperti stres, serangan jantung, kolesterol, hipertensi, diabetes, osteoporosis, depresi, stroke dan lainnya.
"Tertawa dan mendengarkan musik favorit harus dilakukan secara rutin agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Tertawa sangat berpengaruh untuk mengurangi resiko hipertensi. Anda sudah lihat sendiri buktinya," tegas Eri Eguchi dari Fak. Kedokteran Universitas Osaka, Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS