Home » » Tips Memilih Universitas

Tips Memilih Universitas

Setelah Ujian Nasional terlewati dan dinyatakan LULUS, seseorang memiliki 2 pilihan yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja dengan skill yang sudah dimiliki. Nah, bagi yang melanjutkan ke perguruan tinggi, jangan sampai salah pilih. Kenapa? Tempat kita menimba ilmu akan berpengaruh besar pada kehidupan sosial dan profesional kita di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang semoga bisa membantu dalam menemukan universitas yang tepat untuk melanjutkan belajar.


Perhatikan kegiatan akademis, non-akademis dan fasilitas

Ketika memilih universitas, ingatlah bahwa kuliah itu tidak cuma soal belajar (akademis). Pastikan bahwa sesuai dengan minat dan harapan kita. Jika tidak menyukai lingkungan atau budaya belajar akademis di tempat tersebut, cobalah berpikir ulang karena kalian akan berada disana 3-4 tahun ke depan.

Perhatikan juga fasilitas akademis dan non-akademis yang ditawarkan. Ada universitas yang all in one dimana akomodasi, akademis dan hiburan ada dalam satu area. Tapi, kalian akan 'dipaksa' lebih bertanggung jawab sebagai mahasiswa.

Ada pula universitas di kota yang heterogen, dimana area itu tidak hanya ramai karena adanya institusi pendidikan. Selain itu, ada pula universitas yang fokus menempatkan mahasiswanya di komunitas akademis yang intim. Jadi, silahkan pilih yang sesuai dengan keinginan kalian.

Jarak dari tempat tinggal

Walau sering diabaikan, tapi ini lumayan penting. Kalau ingin tinggal di rumah atau bisa pulang setiap akhir pekan, pilihlah universitas yang tidak terlalu banyak menghabiskan ongkos.

Alternatif lainnya bagi yang berkuliah jauh dari rumah (orangtua) adalah tinggal di rumah saudara, di asrama universitas atau nge-kos. Tentunya biaya hidup sehari-hari akan lebih besar dibanding tinggal di rumah orangtua.


Durasi Studi

Ingin lulus dalam empat atau tiga tahun? Masukan durasi studi sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih universitas. Itu akan membuat kita bisa mempersiapkan diri sejak awal kuliah. Setiap universitas punya batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya dalam menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga punya durasi kelulusan yang berbeda. Pertimbangkan hal ini sejak awal dengan cara banyak bertanya.

Kita bisa memilih jalur akselerasi dengan keuntungan menghemat biaya hidup selama kuliah, cepat lulus dan cepat dapat kerja. Namun menghilangkan waktu untuk mengembangkan ide dan kehidupan sosial di masa kuliah. Atau bisa kuliah sambil kerja dengan resiko beban yang lebih besar untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Kenali dengan baik

Cobalah melakukan riset kecil-kecilan tentang universitas yang dituju, jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Jangan sekedar percaya dengan situs web perguruan tinggi atau rekomendasi-rekomendasi. Cobalah datang langsung ke bagian konsultasi pendidikan universitas tersebut atau bertanya pada senior yang lebih dulu berkuliah disana.

Oke, sekianlah beberapa tips memilih universitas. Selamat berjuang!!

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS