Home » » Ayo Ikutan Earth Hour 2013

Ayo Ikutan Earth Hour 2013

Kalau kalian pernah membaca, melihat atau mendengar "Ini Aksiku, Mana Aksimu?", artinya kalian setidaknya sudah punya sedikit kontak dengan Earth Hour (EH). Yap, slogan diatas adalah milik EH Indonesia yang kembali dipakai tahun ini.

Bagi kalian yang belum tau sama sekali soal EH, saya kasi sedikit penjelasannya dibawah ini :

Earth Hour itu adalah salah satu kampanye WWF (organisasi konservasi terbesar di dunia) berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.


Mungkin masih banyak dari kalian yang bingung bahkan sinis, *emang kenapa harus matiin lampu sejam? *Biar gelap-gelapan gitu?

Gini, perubahan iklim sekarang ini udah mengancam banget. Salah satu cara menghambatnya adalah mengajak semua individu untuk mengubah gaya hidupnya jadi lebih hemat energi. Setiap tahun, kebutuhan listrik meningkat tapi pembangkit listrik yang ada kebanyakan malah menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang terbukti punya dampak langsung pada kenaikan suhu rata-rata bumi.

Pemanasan global ini menyebabkan banyak masalah seperti naiknya permukaan laut, kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim dan potensi punahnya berbagai keanekaragaman hayati.

Udah jelas kan kenapa perubahan iklim dan pemanasan global itu menakutkan. Nah, dengan kita ikut serta dalam gerakan pemadaman sejam ini, setidaknya kita sudah membantu 'memperpanjang usia' planet kita tercinta.

Apa sih artinya berdiam selama 1 jam tanpa lampu dan barang-barang elektronik kalau ternyata itu sangat bermanfaat? Manfaatnya emang nggak akan langsung berasa seperti Car Free Day, tapi setidaknya sudah mampu membantu meringankan beban bumi dan seperti pesan dari EH Indonesia.



"Bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya berpartisipasi di Earth Hour saja, tapi harus terus dibuktikan setiap hari dan diikuti dengan mengubah gaya hidup ramah lingkungan lainnya seperti : menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon dan lain-lain"

Target utama EH Indonesia adalah daerah Jawa-Bali karen konsumsi listriknya termasuk yang paling besar. Nah, karena saya tinggal di Bali makanya saya ikut serta dalam kegiatan ini. Emang sih belum banyak yang bisa saya lakukan kecuali ikut mematikan lampu dan barang elektronik saat Earth Hour dan menulis kampanye ini.

Oh ya, hampir lupa, jadwal Earth Hour 2013 :

Sabtu, 23 Maret 2013 | Pukul 20.30 - 21.30 p.m (waktu setempat)

*Ah lagian, pas nanti pemanasan global udah makin parah, aku udah mati, jadi buat apa ikut-ikutan yang kayak gini?

Bro, coba deh bayangkan kalau jaman dahulu para orangtua kita berpikir seperti itu tanpa pernah peduli tentang apa yang akan terjadi pada generasi sesudahnya. Pasti deh kita sudah hidup dengan memakai masker untuk bernapas dan pakaian khusus untuk melindungi tubuh kita dari sinar matahari.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS