Home » , » Mengobati Autolike di Akun Facebook

Mengobati Autolike di Akun Facebook

Program jahat berkedok 'Autolike' belakangan ini makin marak beredar di Facebook, apalagi di Indonesia. Jumlah akun yang sudah terinfeksi diperkiraan antara 2-3 ribuan. Kebanyakan pengguna kadang tidak sadar bahwa akunnya telah terinfeksi.

Jika sudah terinfeksi kadang program ini membuat risih karena bisa posting di sembarang tempat. Dan, bisa merusak 'citra' seseorang di Facebook.

Sebenarnya, sangat mudah menghindari serangan program jahat (malware) ini, yaitu dengan menghindari atau tidak memperdulikan ajakan yang menawarkan fitur 'autolike' atau program lain yang tidak disediakan Facebook secara resmi.

Tapi, kalau  sudah terjebak, berikut ini langkah-langkah untuk mengobatinya.

1. Login ke akun Facebookmu, masuk ke menu [Privacy Settings] dengan mengklik [*] > [Privacy Settings] untuk membuka menu 'Privacy Settings and Tools'. Seperti gambar di bawah ini.



2. Klik [Apps] pada menu sebelah kiri untuk membuka menu 'App Settings'



Seperti diketahui sebelumnya bahwa malware jahat ini menggunakan aplikasi gadungan bernama Xperia Smartphone from Sony (atau yang lain), untuk memulihkan akun yang terinfeksi maka aplikasi tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. 

3. Pada menu App Settings, pada aplikasi dengan nama 'Xperia Smartphone From Sony' klik tanda silang dan jika mendapatkan layar konfirmasi, ingat untuk centang / tick pada kotak kecil dengan pilihan 'Delete all your Xperia Smartphone from Sony activity on Facebook' dan klik tombol [Remove].


Program jahat yang tidak diinginkan pun akan hilang dan akun Facebook sembuh. Cara ini juga bisa diterapkan untuk menghilangkan/mengakhiri kiriman dari aplikasi/game yang tidak diinginkan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS