Home » » 5 Kehobongan Yang Dibenarkan

5 Kehobongan Yang Dibenarkan

Berbohong adalah salah satu hal yang pasti dilakukan semua manusia selama hidupnya, tidak mungkin ada manusia sempurna yang bisa terus bicara jujur dari lahir hingga meninggal. Banyak orang beranggapan bahwa berbohong adalah hal yang salah dan tidak baik tapi, terkadang kita perlu berbohong untuk sesuatu yang baik.

Dalam ajaran Hindu ada yang disebut sebagai Panca Nrta (5 Kebohongan yang diperbolehkan), apakah berarti berbohong itu diperbolehkan? Tentu tidak! Berbohong tetap hal yang salah, tapi pada situasi dan kondisi tertentu, kita mau tidak mau harus berbohong.

pembohong


Berbohong untuk bercanda, menghibur atau hiburan

Kalian pasti pernah menonton standup comedy atau acara komedi lainnya di TV bukan??? Apakah kalian percaya dengan semua yang para pelawak katakan? Para pembuat tawa tersebut tidak selalu berkata jujur, lebih sering mereka berbohong untuk membuat orang lain tertawa. Ini adalah berbohong yang diperbolehkan, karena membuat orang lain bahagia dan tertawa.

Berbohong pada pasangan

Eits... Bukan berarti kalian boleh bohong dengan pacar ya. Hubungan yang didasari kebohongan hanya akan menimbulkan kesengsaraan bagi keduanya. Aturan Iii berlaku untuk pasangan yang sudah terikat janji suci pernikahan.

Kenapa boleh berbohong pada pasangan? Ini tujuannya cukup baik yaitu menjaga keharmonisan rumah tangga. Contoh sederhananya, di pagi hari seorang istri membuatkan sarapan untuk suaminya. Tentu suaminya memuji bahwa masakan istrinya sangat enak, walau kenyataannya kebanyakan garam.

Berbohong kalau jiwa kita teracam 

Misalnya nih, kita sedang kerampokan dan jiwa kita terancam. Nah, disini kita boleh berbohong pada si pencuri (musuh) agar jiwa kita selamat. Katakan saja kalau kita hanya pembantu dan tidak tau apa-apa. Ya, setidaknya jiwa kita bisa lebih aman.

Contoh lainnya saat di medan perang, kita tertangkap oleh musuh dan jiwa kita terancam jika tidak memberi informasi. Dalam keadaan seperti ini kita boleh berbohong dalam memberikan informasi.

pembohong

Berbohong pada orang sakit

Ini benar-benar menggunakan logika, jika kita menjenguk seorang kawan di rumah sakit. Selalu katakan "Kamu akan segera sembuh", baik itu kebenaran atau kebohongan. Kalau kita mengatakan "Ah, umurmu tinggal 4 hari lagi". Bagaimana coba perasaannya?

Biarkanlah para dokter yang harus memberikan kejujuran pada pasiennya, kalau kita boleh kok berbohong pada orang sakit agar dia punya semangat untuk sembuh dan bangkit.

Berbohong pada anak kecil

Kebohongan ini bukannya tanpa alasan, misalnya membohongi anak kecil kalau dia menduduki bantal maka akan bisulan. Padahal secara logika, mana mungkin bantal bisa membuat bisulan. Tujuan dari kebohongan ini adalah menjaga anak kecil itu dari hal yang berbahaya dan buruk baginya. Sesuatu yang baik bukan?

Jadi, kesimpulannya tidak selamanya berbohong itu salah. Terkadang kita harus berbohong untuk sesuatu yang lebih baik. Masalah dosa atau tidaknya, itu urusan Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS