Home » , » Terimakasih Bapak Teknologi

Terimakasih Bapak Teknologi

Teknologi, satu kata yang membuat kita bisa hidup di jaman yang sangat mudah seperti sekarang. Semuanya terasa lebih mudah berkat teknologi yang dibuat tokoh-tokoh di masa lalu. Sulit membayangkan bagaimana kita akan menjalani hidup yang lebih nyaman tanpa teknologi seperti sekarang.

Untuk itulah kita perlu berterimakasih pada bapak-bapak teknologi yang telah mengubah dunia berkat penemuannya di bidang teknologi, mulai dari komputer, kamera digital, smartphone dan internet. Berikut ini adalah 6 tokoh yang menemukan teknologi revolusioner pengubah dunia.

Bapak komputer - Henry Edward


Henry Edward


Henry Edward adalah pendiri perusahaan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) di tahun 1970. Perusahaan tersebutlah yang mengembangkan Altair 8800 yang disebut-sebut sebagai komputer personal pertama di dunia.

Altair 8800 yang memakai mikroprosesor Intel 8080 memicu tokoh besar lainnya seperti Bill Gates untuk mengembangkan software komputer. Pria asal Amerika Serikat ini telah tutup usia di umur 69 tahun pada 2010 lalu.

Bapak Kamera Digital - Willard Boyle


Willard Boyle


Willard Boyle berkarir di Bell Laboratories tahun 1969, bersama koleganya George E. Smith, dia menciptakan teknologi CCD (charge-coupled device). Teknologi inilah yang memiliki peran besar dalam perkembangan kamera digital.

Berkat CCD memungkinkan gambar dikonversi secara langsung menjadi data digital. Pada tahun 2009 lalu, pria berkebangsaan Kanada dan Amerika Serikat itu meraih penghargaan sangat bergengsi, yaitu Nobel Fisika atas penemuannya tersebut.

Bapak Ponsel - Martin Cooper


Martin Cooper


Martin Cooper menjabat sebagai manajer umum Motorola's Communications Systems Division pada tahun 1970. Bersama timnya, dia mengembangkan ponsel pertama yang kemudian diberinama sebagai Motorola Dyna-Tac.

Martin juga mendapat kehormatan untuk melakukan panggilan pertama di ponsel portable tersebut pada 3 April 1973. Kini, Martin Cooper yang berkebangsaan Amerika Serikat menjabat sebagai CEO di perusahaan bernama ArrayComm Inc.

Bapak video game - Ralph H. Baer


Ralph H. Baer


Ralph H. Baer yang lahir di Jerman ini mengembangkan sistem konsol video game pertama di tahun 1960-an. Namanya Brown Box yang teknologinya dilisensikan oleh perusahaan Magnavox. Hasilnya adalah sebuah konsol game bersama Oddysey.

Di tahun 2006 lalu, dia mendapat penghargaan bergengsi National Medal of Technology yang diserahkan George W. Bush, presiden Amerika Serikat kala itu. Penghargaan itu diberikan berkat jasan Ralph mempelopori teknologi konsol video game.

Bapak Internet - Vint Cerf & Robert Kahn


Vint Cerf & Robert Kahn


Tahun 1970, Vint Cerf adalah developer protokol ARPANET Network Control Program (NCP) lalu bergabung dengan koleganya Robert Kahn yang merupakan bagian dari Defense Advanced Research Project Agency (DARPA). Mereka pun mendesain TCP/IP - Internet Protocol Suit.

Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) adalah protokol komunikasi fundamental yang menjadi 'jantung' internet. Kedua tokoh terssebut mendapat begitu banyak penghargaan karena jasa mereka yang luar biasa sehingga dunia bisa mengenal internet.

Bapak Laptop - Bill Moggridge & Adam Osborne


Bill Moggridge & Adam Osborne


Agak susah menentukan siapa 'bapak' laptop karena memang ada 2 pilihan yang membingungkan. Beberapa pihak menilai Bill Moggridge yang mendesain laptop pertama bernama GRiD Compass.

Pihak lainnya menganggap penemu laptop adalah Adam Osborne dengan penemuannya, laptop Osborne 1 yang dianggap sebagai komputer portable dan komersial pertama. Namun, keduanya dinilai punya perang yang sama dalam penemuan komputer jinjing.

Bapak World Wide Web - Tim Berners Lee


Sir Tim Berners-Lee


Sir Tim Berners-Lee adaah penemu world wide web (www). Ialah yang menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Dia menciptakan program ini ketika masih bekerja di CERN di Jenewa.

Saat ini, Sir Tim menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Techology (MIT) di Boston, tempat dimana dia mendedikasikan diri sebagai akademisi. Dia telah diberi penghargaan sebagai Greatest Britons atau Orang Inggris Terbesar dalam sebuah upacara tahun 2004 lalu.

Itulah beberapa tokoh dunia teknologi yang jasa dan penemuannya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di jaman sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS