Home » , » Fakta Sejarah Twitter

Fakta Sejarah Twitter

Twitter adalah salah satu jejaring sosial 'muda' yang sangat populer di seluruh dunia belakangan ini. Selama 6 tahun, situs mikroblogging ini telah memperoleh ketenaran yang luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna smartphone yang gemar berkirim tweet. Bukan hanya user dari smartphone, tapi masih banyak platform lain untuk mengakses twitter sehingga jumlah pengguna aktifnya mencapai ratusan juta.

Banyak fakta-fakta dibalik sejarah Twitter yang tidak banyak diketahui orang, berikut ini adalah beberapa fakta sejarah Twitter yang mungkin belum kamu ketahui.

Nama asli Twitter adalah Twttr

Mungkin terdengar agak aneh tapi sebelum bernama dan berdomain twitter.com, situs mikroblogging yang dikembangkan oleh Jack Dorsey pada Maret 2006 ini diberinama Twttr. Beberapa bulan setelah peluncurannya, barulah namanya diganti menjadi Twitter. Selain Jack ada sosok seperti Noah Glass, Evan Williams dan Biz Stone dibalik berdirinya Twitter.



Twitter.com dibeli USD 7.500

Salah satu pendiri Twitter yaitu Evan Williams mengungkapkan bahwa pihaknya harus membayar sekitar USD 7.500 atau Rp. 70 juta untuk membeli domain twitter.com saat ingin bergantinama dari twttr. Tapi, kini harga domain itu termasuk yang paling mahal dan berharga di dunia.

Tidak ada batasan 140 karakter

Diawal kemunculannya, tidak ada batasan 140 karakter seperti sekarang. Jadi, kalau sebuah tweet ditulis dengan lebih dari 140 karakter maka akan dibagi ke dalam 2 tweet atau lebih. Lalu, pada 2007 dengan berbagai alasan maka dibatasi setiap tweet hanya 140 karakter sampai sekarang.

Twitter melesat di 2009

Twitter makin terkenal dan banyak digemari antara tahun 2009 sampai 2010. Sebanyak 100 juta user baru bergabung di 2010. Salah satu perubahan paling dramatis yang terjadi adalah banyaknya pengguna yang menulis informasi profil pribadi dengan mendetail, yaitu sebanyak 69%. Padahal sebelumnya tidak terlalu banyak yang menulisnya.

Catatan tangan Jack Dorsey





Mau tau dasar konsep dari twitter? mungkin bisa dilihat dari catatan tangan Jack Dorsey diatas. Dia sangat berharap gagasan sukses dan itulah yang terjadi. Saat ini ada sekitar 140 juta pengguna aktif dan menghasilkan lebih dari 400 juta tweet per hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS