Home » , » Budidaya Ikan Naga - Ikan Palmas

Budidaya Ikan Naga - Ikan Palmas

Budidaya Ikan Naga – Ikan Palmas.
Ikan naga atau biasa disebut ikan palmas adalah salah satu dari berbagai macam jenis ikan hias. Ikan naga juga termasuk ikan hias. Tapi, kalau kita lihat sejenak. Ikan naga mungkin tidak seperti ikan hias lainnya. Ketika ikan hias memiliki bentuk unik dan warna yang cerah dan indah, ikan naga tidak. Bahkan orang yang membudidayakan ikan naga – ikan palmas tidak memeliharanya karena warnanya.
Dilihat dari jenisnya, Palmas (ikan naga) merupakan ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae (Bichir), artinya ikan bersirip banyak. Ikan ini termasuk ikan primitif dan sering disebut sebagai "snake like fish" (ikan ular). Penyebaran adalah di Afrika Barat. 
Memang, ikan naga bukanlah ikan khas asli Indonesia. Tapi dari historinya yag menarik, bukankah ikan naga ini memiliki daya tarik sendiri untuk dibudidayakan?
Oke, mari kita lihat ciri-ciri ikan naga – ikan palmas ini. Panjang rata-rata ikan naga adalah 30 cm. Hidup pada kisaran pH 6.5 - 7, dan temperatur 16-27 ° C.  Sebagai carnivora, pakan utama ikan naga adalah pakan hidup berupa ikan kecil, atau daging-dagingan lain seperti daging udang atau daging ikan.
Ikan naga – ikan palmas tergolong unik. Dia tidak berenang cepat dengan sirip dan ekornya, tapi ikan naga berjalan di dasar air menggunakan siripnya itu. Kalau dilihat-lihat, ikan naga memang lebih tampak seperti naga yang berjalan di bawah air.
Dari jenisnya, ikan naga dapat digolongkan menjadi tiga jenis:
•  Polypterus palmas palmas
•  Polypterus palmas polli
•  Polypterus palmas buettikoferi
Ikan naga – ikan palmas bisa hidup di akuarium dengan panjan dan tingginya lebih dari 1 meter. Dilihat dari ukurannya, ikan naga bisa melompat keluar jika akuarium terlalu kecil. Ikan naga – ikan palmas termasuk predator. Jadi sebaiknya pisahkan dari ikan yang ukurannya lebih kecil dari ikan naga ini.
Budidaya ikan naga memang tidak begitu sulit. Jadi, kenapa kita tidak mencoba budidaya ikan naga – ikan palmas. Selain indah, ikan naga juga bisa menguntungkankan. Tak jarang para kolektor ikan yang biasa melihat daftar harga mobil terbaru (demi membuang uang) juga menjadikan ikan naga sebagai salah satu koleksinya.

1 komentar:

  1. saya pernah berfikir mengembangakan budidaya jenis ikan naga tersebut. akan tetapai saya kesulitan di indukannya dan cara pemasaran setelah produksi bayak. adakah yang bisa membantu

    BalasHapus

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS