Home » » Backup Datamu, Tenang Hidupmu

Backup Datamu, Tenang Hidupmu

Mungkin banyak dari kita yang masih tidak peduli soal backup data, tapi percaya atau tidak ini adalah suatu hal yang sangat penting dan ini adalah bentuk nyata dari pepatah "Sedia payung sebelum hujan". Kalangan profesional (pekerja kantoran sih lebih tepatnya...) sudah biasa melakukan backup data terhadap setiap pekerjaannya, jadi kalau sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada data aslinya, masih ada backup-nya.

Lalu, bagaimana dengan kalangan pelajar?

Kalangan pelajar juga perlu melakukan backup data, terutama pada file yang berisi tugas-tugas sangat penting. Kalau masih ada sisa space, bisa dipakai menyimpan foto-foto atau video penuh kenangan yang tidak mau kalian hilangkan walau dalam keadaan apapun.

Ngomong-ngomong soal cara backup data, memang sih setiap komputer (yang saya tau Windows) sudah menyediakan fasilitas backup data. Tapi, katakanlah terjadi sebuah kemungkinan terburuk. Misalnya PC atau laptop kamu dicuri dan semua data penting kamu ada disana. Bagaimana cara menemukan data itu kembali??

Ketika kamu berada di luar kota untuk liburan, tiba-tiba kamu harus menyelesaikan tugas sekolah / pekerjaan yang masih tertunda. Tapi, semua file yang diperlukan masih tertinggal di rumah. Haruskah kamu pulang dan menyelesaikan liburan lebih cepat? Tidak!



Semua itu bukan lagi sebuah masalah sekarang. Karena ada sebuah tempat dimana kamu bisa menyimpan data-data kamu secara online dan dijamin aman. Namanya Dropbox.

Dropbox.Com ini adalah sebuah hosting file, tempat menyimpang file-file kamu secara online. Kamu juga bisa berbagi file-file kamu secara online melalui Dropbox. Mirip-mirip dengan Ziddu, 4Shared dan Mediafire gitulah.

Bedanya, Dropbox ini memberikan fasilitas yang menghubungkan antara komputer dengan akun Dropbox-mu. Jadi, setiap file yang disimpan dalam folder Dropbox di komputermu akan langsung diupload ke akun Dropbox-mu (dengan syarat, komputermu dalam keadaan online).

Jadi, tidak akan ada istilah kehilangan data penting. Mungkin bagi kamu yang sering menggunakan layanan sejenis akan bertanya. Dengan fasilitas yang diberikan, bukankah besar kemungkinan kita akan 'ditendang' begitu saja?

Saya rasa tidak, Dropbox ini adalah sebuah file hosting berbayar. Memang ada yang gratis (free) tapi space yang diberikan hanya 2 GB. Jadi, secara matematika sederhana, mereka tidak akan rugi dan kecil kemungkinan akan 'menendang' member-nya begitu saja.

Jadi, ayo backup datamu, agar tenang hidupmu melalui Dropbox.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS