Home » » Pacaran Itu Sehat dan Baik

Pacaran Itu Sehat dan Baik

Kembali ke topik yang berhubungan dengan cinta-cintaan, tapi bukan berarti saya sedang jatuh cinta. :) Ide menulis tentang hal ini sebenarnya sudah cukup lama melayang-layang di pikiran saya, tapi butuh waktu untuk melakukan penelitian kecil-kecilan serta mencari bukti-bukti yang mendukung.

Dari dulu, ada banyak doktrin (doktrin apaan sih?) menyesatkan tentang pacaran. Ada yang bilang kalau pacaran itu menyenangkan tapi ada yang bilang kalau pacaran itu cuma bikin sedih. Menyesatkan bukan? Cara satu-satunya untuk menilai pacaran itu menyenangkan atau tidak adalah dengan menjalaninya. Kalau hanya mendengarkan cerita dari orang-orang, sudah pasti sangat subjektif (subjektif apaan lagi sih?).

Kalau dari segi kesehatan, pacaran itu baik dan sehat. Terlepas dari menyenangkan atau tidaknya. Kenapa? Hal ini karena hormon-hormon yang dikeluarkan oleh tubuh kita saat jatuh cinta. #soktau



Ada beberapa hal sederhana yang sering dilakukan orang yang sedang pacaran (jatuh cinta), dan ternyata hal tersebut cukup berpengaruh untuk kesehatan. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat pacaran itu sehat dan baik untuk kesehatan.

1. Tersenyum lebih sering. 

Orang yang sedang jatuh cinta atau pacaran akan lebih sering tersenyum, bahkan oleh hal-hal kecil yang dilakukan pasangannya atau dilakukan berdua.

Tersenyum bukan hanya berhubungan dengan perasaan, tapi mempengaruhi tingkat stress, kesehatan dan daya tarik.Manfaat tersenyum dari segi kesehatan adalah mengurangi stress, meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh), menurunkan tekanan darah, mengeluarkan endorphins dan serotonin (pereda rasa sakit alami), dan melenturkan kulit wajah sehingga akan tampak lebih muda.

2. Menangis sesekali.

Menangis juga bagian dari lika liku kehidupan asmara seseorang. Biasanya orang menangis jika pasangannya berselingkuh (bisa juga marah), karena putus dengan pacarnya, atau karena pacarnya marah-marah.

Tapi, sadarkah kita bahwa sebenarnya selain membuat mata jadi merah dan bengkak. Menangis (sesekali) juga baik untuk kesehatan mata itu sendiri. Saat menangis, kita akan mengeluarkan air mata. Air mata ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat diantaranya membantu pengelihatan jadi lebih jelas, membunuh bakteri di mata, mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mengurangi stress.






DEWASA!!!!


3. Pelukan yang bernilai. 

Pelukan adalah ungkapan kasih sayang non-seksual yang paling sering dan paling mudah dilakukan oleh banyak pasangan.Pelukan memberikan tanda komitmen dan kesetiaan serta membuat jiwa jadi tenang.

Pelukan memiliki beberapa manfaat, sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasangan yang secara teratur dan spontan memberikan ungkapan kasih sayang non-seksual seperti pelukan akan mendapat kepuasan lebih pada hubungan mereka. Selain itu, Oksitosin yang dilepaskan oleh otak saat berpelukan dapat memunculkan perasaan bahagia dan tidak stress.

4. Ciuman itu pilihan baik.

Beberapa orang mengatakan, seorang suami yang mencium istrinya sebelum berangkat kerja akan merasa lebih bersemangat dalam bekerja, lebih produktif yang berusia lebih panjang dari suami yang tidak melakukannya.

Manfaat ciuman itu sangat besar, tapi hanya untuk orang-orang dewasa (berkomitmen) terhadap suatu hubungan. Manfaat ciuman diantaranya mengencangkan otot wajah, membakar kalori, meningkatkan detak jatung dan tekanan darah (90 detik ciuman = 1 menit tambahan hidup), menghilangkan stress, membuat bahagia (karena tubuh mengeluarkan zat yang 200 kali lipat dari morfin). 

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS