Home » » Pidato Tentang Sampah Plastik

Pidato Tentang Sampah Plastik

Yang saya hormati, Bapak Guru yang mengajar Bahasa Indonesia serta teman-teman sekalian yang saya cintai. Saya berdiri disini akan menyampaikan sebuah pidato yang bertema pendidikan dengan judul �Pentingnya Pendidikan Berwawasan Lingkungan�. Namun, sebelumnya ijinkan saya menghaturkan panganjali umat.

Om Suastiasu

Sebelum saya menyampaikan pidato, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat kuasa-Nya-lah kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Bapak Guru dan teman-teman yang saya cintai, kita semua mengetahui kalau masalah lingkungan yang paling banyak adalah sampah, sampah adalah salah satu permasalahan yang dihadapi oleh semua negara, baik negara maju, berkembang ataupun negara miskin. Bahkan ada yang mengatakan, �selama manusia ada, maka sampah di dunia ini tak akan pernah ada habisnya.�

Sampah yang paling menjadi masalah di jaman sekarang ini adalah sampah plastik, hal ini karena sampah plastik jumlahnya sangat banyak dan sangat sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, sampah plastik sangat sulit diuraikan secara alami. Kalau pun bisa, membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa ratusan hingga ribuan tahun.

 Di dunia internasional, ada sebuah program untuk menanggulangi sampah plastik yang disebut dengan 4R, yaitu Replace, Reduce, Recycle dan Reuse. Replace artinya mengganti benda berbahan plastik dengan benda yang berbahan lain seperti logam. Reduce artinya mengurangi penggunaan benda berbahan plastik untuk mengurangi limbahnya. Recycle artinya mendaurulang sampah plastik menjadi benda yang lebih berguna. Reuse artinya menggunakan kembali benda-benda hasil daurulang sampah plastik.

Semua program itu tidak akan ada gunanya, jika tidak ada kepedulian dari masing-masing individu untuk menjaga lingkungannya dari sampah plastik. Individu yang peduli pada lingkungannya akan menciptakan generasi yang baik dan memberikan warisan untuk generasi berikutnya.  

Generasi yang peduli lingkungan tidak muncul begitu saja, mereka muncul dari pendidikan yang mereka dapatkan di sekolah, di keluarga dan di masyarakat.  Karena itulah sangat penting pendidikan tentang pentingnya menjaga lingkungan yang diberikan oleh orangtua, guru dan masyaraka. Menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, memungut sampah-sampah kecil yang berserakan di tanah atau dengan mengurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sekianlah isi pidato saya kali ini, jika ada kesalahan kata yang tidak disengaja, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Saya tutup dengan paramashanti.

Om shanti, shanti, shanti Om.

Mau versi yang lebih rapi dan tinggal print out??? Klik download dibawah ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS