Home » » 8 Daya Tarik Berita

8 Daya Tarik Berita

Sebagai seorang jurnalis, tentunya saya harus terbiasa menulis berita yang berdasarkan pada fakta, informasi dan peristiwa. Tapi, apakah setiap fakta, informasi dan peristiwa itu bisa diberitakan kepada masyarakat luas??? Misalnya, ada peristiwa seorang anak kecil yang ngompol karena ketakutan, apakah itu perlu diberitakan?? Tidak!


Tidak semua fakta, informasi dan peristiwa itu penting dan menarik bagi masyarakat. Berikut ini saya berusaha menuliskan beberapa hal yang menjadi sebuah daya tarik berita.


1. Waktu (Aktualisasi)

Para pembaca/penonton/pendengar suka dengan berita yang baru dan hangat.Karena itu, suatu berita harus disajikan dalam kesempatan pertama. Dan, semakin aktual sebuah berita disampaikan, semakin tinggi pula nilainya. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa berita pagi di TV semakin tahun semakin pagi saja. 


2. Jarak (Geografis dan Emosional)

Coba saja bandingkan, mana yang lebih menarik bagi anda. Kasus pembunuhan di sekitar kota anda atau kasus penculikan seorang anak petani di Antartika. Pasti berita yang lebih dekat akan lebih menarik perhatian anda bukan??

Atau sebagai contoh lainnya. Jika ada berita tentang penculikan seorang anak Dubes Indonesia pasti akan menjadi berita yang menarik di Indonesia karena ada kedekatan secara emosional. Kedekatan emosional juga menyangkut kesamaan status, keadaan dan nasib.

Contohnya, bagi anda yang pelajar pasti akan lebih menarik untuk membaca prestasi seorang siswa dari pada kesuksesan seorang pebisnis.

3. Luas Akibat

Berita yang baik itu adalah yang mampu menarik perhatian semua kalangan masyarakat, mulai dari pengemis hingga presiden, dari bayi hingga nenek ompong, dari wanita, waria hingga pria, dari manusia hingga hantu dan sebagainya. Misalnya, media massa pasti akan memilih berita seperti kenaikan harga BBM sebagai headline dari pada berita tentang turunnya harga tembakau. Karena, kenaikan harga BBM lebih menarik bagi banyak orang.

4. Pertentangan dan Ketegangan

Mungkin sudah sifat alami manusia kalau suka dengan pertentangan dan ketegangan. Contohnya saja jika ada berita tentang nyaris bentroknya pelajar SMA X dengan SMA Y dan ricuh di Tambang F. Berita-berita seperti itu pastilah diikuti oleh pembaca.

5. Daya Tarik Manusiawi (Human Interest)

Bukan hanya berita-berita besar yang menarik dan bisa 'dijual'. Sisi kecil dari sebuah berita besar juga bisa sangat menarik pembaca. Misalnya saja, kisah sepasang suami-istri yang hidup dengan menjual kayu bakar atau berita tentang penderiataan korban 9/11 dan Bom Bali.

6. Pelaku dalam Peristiwa

Sebuah peristiwa sederhana bisa menjadi sangat menarik jika pelakunya adalah artis, orang terkenal atau tokoh. Misalnya, celana Justin Beiber yang agak melorot ketika konser. Tapi, bukan berarti orang kecil tidak bisa diberitakan, dengan syarat beritanya harus unik. Misalnya, Doni yang hanya seorang tukang koran memenangkan 500 juta dari sebuah kuis.

7. Keanehan

Siapa yang tidak tertarik membaca judul "Seekor Kecebong yang Bisa Bernyanyi"? Pasti semua orang akan tertarik. Karena, biasanya suatu hal yang aneh dan ganjil itu sangat mudah menarik perhatian.

8. S3KS

Arti S3KS disini dalam arti yang luas seperti wanita, cinta, perkosaan, patah hati dan lainnya. (jadi, jangan berpikiran ngeres dulu). Berita mengenai gadis cantik atau wanita yang menjadi tukang becak merupakan berita yang menarik.

-dearryk-

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS