Home » » Pentingnya Buku Harian

Pentingnya Buku Harian

Buku harian atau bahasa kerennya adalah Diary (bukan Dearryk) adalah sebuah buku 'keramat' yang biasanya dimiliki oleh beberapa orang. Mengapa? Karena tidak semua orang suka menulis buku harian, termasuk saya sendiri. Walaupun semenjak kecil sudah disuruh menulis buku harian sebelum tidur, sampai hari ini saya tidak bisa menerapkannya dengan baik.

Alasan saya dan kemungkinan kebanyakan orang malas menulis buku harian karena tidak tau manfaatnya. Sama saja seperti pertama kali saya mengenal pelajaran sejarah yang katanya pelajaran yang sangat membosankan dan sulit, tapi tidak selamanya belajar sejarah itu seperti itu. Terkadang belajar sejarah bisa dibuat sangat menyenangkan seperti Rusia yang akan mengaplikasikan pelajaran sejarah kedalam sebuah game online.



Lalu, apa sih sebenarnya manfaat menulis buku harian???

1. Meningkatkan dan mengasah kemampuan menulis. Menulis buku harian bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan menulis, kebanyakan orang tidak akan pernah membiarkan orang lain membaca buku hariannya begitu saja. Mengapa? Karena di buku harian kita bisa menulis apa saja dengan gaya tulisan dan bahasa semau kita.


Selain itu, jika mau sedikit kreatif. Kita bisa saja menulis buku harian dalam bentuk cerpen-cerpen sederhana yang hanya kita saja yang mengerti maksudnya.

2. Mencatat hal-hal penting dalam hidup. Otak manusia itu terbatas dalam mengingat, jadi ada baiknya kita mulai menulis hal-hal penting yang terjadi dalam hidup kita pada sebuah buku harian. Misalnya, kapan pertama kali pacaran, teman pertama saat SMA, pertama kali datang terlambat ke sekolah atau hal-hal lain yang penting bagi kita.

Lalu, apa gunanya menulis hal-hal penting dalam hidup? Yang pertama, tentunya sebagai pengalaman. Kedua, sebagai bahan renungan dan terakhir sebagai suatu hal yang bisa diceritakan. 

3. Renungan. Buku harian bisa juga digunakan sebagai bahan renungan. Misalnya, setiap 15 hari sekali kita membuka dan membaca apa saja yang sudah kita lewati dan lakukan selama 15 hari terakhir. Apa yang perlu kita perbaiki dan apa yang perlu kita tingkatkan agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Merenung akan membuat seorang manusia bisa bercermin atas keburukan dan kebaikan dirinya serta menjadikannya lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

4. Bahan menulis biografi. Siapa tau suatu hari nanti anda menjadi seorang pejabat penting di Indonesia bahkan di dunia. Tapi, karena suatu hal anda tiba-tiba menghilang dan dianggap meninggal. Lalu, ada seseorang yang ingin menulis biografi anda karena menganggap anda sangat berjasa.

Sayangnya, dia tidak punya cukup bahan untuk menulis biografi anda karena sulit menelusuri jejak kehidupan anda dan orang-orang terdekat anda juga sudah tidak begitu ingat segala kejadian dalam hidup anda. Nah, jika dia menemukan buku harian anda, maka dia pun akan dengan mudah menulis biografi tentang anda. Dan MUNGKIN anda akan lebih dikenang dan dikenal.

Oke, mungkin hanya itu yang bisa saya tulis. Jujur saja, walaupun menulis pentingnya buku harian namun saya tetap tidak bisa menulis buku harian setiap sebelum tidur. Saya lebih memilih menuliskan pengalaman hidup saja dalam blog ini, walaupun tidak secara langsung. Tapi, saya selalu menyelipkan pengalaman hidup saya pada setiap postingan.

Sekian dan Have Nice Day.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS