Home » , » Seni Origami

Seni Origami

Seni Origami
Siapa yang tidak tahu tentang seni origami? Seni origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Seni origami bisa terbilang sebagai seni unik yang merambah Indonesia. Kenapa? Karena seni origami tidak bisa digolongkan dalam kategori seni yang sudah ada seperti seni musik, seni lukis, atau seni patung.
Seni origami sendiri mengutamakan kreatifitas dalam membentuk kertas menjadi bentuk yang disukai. Dari hanya lembaran kertas bisa menjadi sebuah bentuk yang berwujud dan indah. Misal, kodok, anjing, burung, bunga, kapal, pesawat, dll. Seni origami menjadi hal unik dan favorit setelah masuk ke Indonesia. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa yang ingin mengembangkan kreatifitasnya juga mendalami seni origami.
Dari mana para seniman origami bisa mendapat ilmu itu? Mungkin karena dari Jepang, maka kebanyakan ilmu seni origami juga berasal dari Jepang. Ilmu itu ditularkan melalui banyak media, bisa televisi (jarang) dan internet. Tapi bagi saya, ilmu seni origami paling berpengaruh adalah dari komunitas club origami. Sebuah komunitas yang berisi ahli-ahli seni origami saling bertukar pikiran untuk mengembangkan dan melestarikan seni origami.
Bisa dipastikan siapa yang masuk ke sebuah club seni origami maka kemampuannya dalam membuat lipatan kertas semakin bertambah. Komunitas seni origami inilah yang akan membuat para pecinta seni origami menjadi lebih banyak tahu trik-trik dan bentuk-bentuk baru mengenai tutorial origami yang diberikan oleh anggota club seni origami lain.
Jangan anggap remeh, seni origami punya kalangan penggemar sendiri. Seni origami seharusnya menjadi contoh seni adaptasi di Indonesia yang juga harus dilestarikan, karena bagi saya seni origami adalah penggabungan antara keindahan dan kecerdasan.

1 komentar:

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS