Home » » Perjalanan Sepatu Putih

Perjalanan Sepatu Putih

Nama White Shoes & The Couples Company mungkin tidak terlalu terkenal bagi kebanyakan penikmat musik Indonesia. Bahkan mungkin ada yang baru tau tentang band ini. Tapi, yang perlu diketahui bahwa band ini termasuk salah satu band asal Indonesia yang mampu berbicara di pentas internasional.

White Shoes adalah sebuah band jebolan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) beranggotakan Ricky Virgana, Saleh, Aprilia Apsari, Yusmario Farabi, John Navid dan Aprimela Prawidyanti Virgana.

Album pertama mereka dirilis oleh sebuah label asal Chicago, Minty Fresh yang juga sukses mempopulerkan The Cardigans. Pada tahun 2008, White Shoes mendapat kesempatan untuk bermain di Amerika dalam acara CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival.

Kalau dilihat White Shoes ini dipengaruhi oleh para musisi classic jazz di tahun 1930an. Dengan classic strings arrangement yang dibubuhi sedikit retro disco, easy listening acoustic ballads dan sedikit sentuhan nada dari keyboard mainan anak-anak keluaran akhir 1970an.



Mau lebih kenal lagi dengan band yang punya nama lumayan panjang ini? Yuk disimak.

Band ini lahir dari kisah asmara 2 mahasiswa IKJ pada Agustus 2002 yaitu Rio dan Sari. Mereka tidak hanya merajut hubungan asmara tapi juga membentuk sebuah kelompok musik. Lalu, sepasang kekasih ini mengajak teman satu jurusannya yaitu Saleh untuk mendirikan White Shoes & The Couples Company.

Formasi ini terdiri dari Sari pada vokal dan violin, Rio pada gitar pengiring dan Saleh pada gitar melodi pertama kali tampil di sebuah acara yang diadakan di IKJ.

Seiring berjalannya waktu, White Shoes yang awalnya ingin setia dengan format trio sepakat mengajak pasangan lain dari jurusan musik klasik di IKJ yaitu Ricky dan Mela. Ricky mengambil posisi bass dan cello sementara Mela di posisi viola, keyboard dan piano.

Karena merasa kurang lengkap tanpa kehadiran drummer, pada 2004, John yang berasal dari disiplin musik klasik di IKJ juga diajak bergabung untuk mengurus perkusi dan vibraphone.

Dalam sebuah wawancara, White Shoes sempat diwawancarai kenapa namanya demikian. Mereka menjawab.

"Semua bersepatu putih, dan alhamdullilah semua sudah berpasangan."

Saya tertarik membahas band yang satu ini karena diam-diam mereka punya prestasi yang luar biasa dalam bermusik. Oke, semoga tetap eksis WSATCC!!

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS