Home » , » Kepincut Dengan BottleSmoker

Kepincut Dengan BottleSmoker

Mungkin belum banyak yang tau tentang BottleSmoker, saya pun begitu. Ya, setidaknya hingga 24 jam terakhir. Saya sudah tau tentang BottleSmoker sejak beberapa bulan lalu, itu pun melalui TV. Awalnya sih saya kurang ngerti tentang musik mereka, tapi karena penampilannya yang unik dan alat-alat yang digunakan juga unik, saya pun betah menonton.

Lama kelamaan, ternyata musiknya enak juga. Selain itu, suara-suara yang ditimbulkan juga nggak biasa. Dan ternyata, inilah yang dinamakan aliran Electro Pop yang diusung duo asal Bandung ini. Uh, keren...



Dari beberapa artikel yang saya baca di internet, BottleSmoker ini sudah hadir sejak 2005 lalu. Diawaki oleh Ryan Adzani (Nobie) dan Anggung Suherman (Angkuy) yang setia menggunakan internet sebagai salah satu sarana mengembangkan kreativitas. Waktu itu, Indonesia masih belum banyak ngeh sama yang namanya musik Electro. Jadi, masih banyak orang yang nggak ngerti dengan musik BottleSmoker. Bahkan ada yang bilang "Apaan sih ni?".

Anehnya, di luar negeri sana tepatnya di Spanyol ada sebuah netlabel yang tertarik untuk merilis album mereka dan jadilah Before Circus Over (2006) yang berisi 8 lagu. Sayangnya, dari dalam negeri sendiri belum banyak yang mengapresiasi album ini.

Tahun 2008, BottleSmoker mulai 'terbang' dengan rilisnya Slow Mo Smile. Pertama dirilis oleh netlabel dari Amerika, lalu baru rilis oleh netlabel lokal dari Indonesia. Tahun yang sama juga, BottleSmoker mulai mendapat tawaran manggung.

Enaknya dengan BottleSmoker, kita bisa menikmati semua karya mereka secara gratis. Apakah karena semua albumnya sudah dibajak? Bukan! Karena mereka memang mendistribusikan karyanya secara gratis. Menurut mereka, kepuasan yang paling berharga adalah ketika karyanya diapresiasi oleh masyarakat.


Lalu, bagaimana mereka bisa punya uang? Ehm... rejeki mereka datang dengan cara lain seperti menjual merchandise dan fee dari manggung. 

Walaupun di Indonesia BottleSmoker kurang terkenal, tapi mereka sudah pernah tour ke beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, dan Brunei Darusalam. Bahkan tahun 2011 lalu mereka melakukan tour ke 5 negara di Asia termasuk Cina dan Hongkong.

Oh ya, sedikit komentar BottleSmoker dari saya. Duo ini telah benar-benar memanfaatkan teknologi dalam berkreatifitas, seperti menggunakan iPhone 4S dalam pembuatan video Boredom and Freedom.

bottlesmoker

Selain itu, mereka juga membuat musik yang kreatif dan berkarakter. Suara-suara untuk musik mereka bukan hanya dari alat musik tapi juga dari mainan-mainan masa kecil. Dari bel tangan hingga Nintendo DS digunakan untuk bermusik.

Yang membuat saya lebih kepincut dengan BottleSmoker adalah kegigihan mereka, diawal-awal kemunculannya mereka dikritik bahkan sudah sering ditolak oleh label musik di Indonesia. Mereka tidak menyerah dan lari ke internet dan akhirnya terkenal, setelah itu baru dilirik oleh Indonesia.

Selain itu, mereka telah menginspirasi banyak sekali Bedroom Musicians untuk keluar dari ruangan mereka yang nyaman dan menunjukan musik mereka di depan umum. Bedroom Musicians ini adalah para musisi yang bermusik tanpa pernah didengar oleh banyak orang, bahkan oleh orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS