Home » , , » Citizen Journalism | Berprofesi sebagai Citizen Journalist

Citizen Journalism | Berprofesi sebagai Citizen Journalist


Citizen Journalism | Berprofesi sebagai Citizen Journalist
Di dunia ini banyak hal yang menjadikan seorang manusia menyukai sebuah profesi atau pekerjaan. Tapi, ada 1 jenis pekerjaan yang akan Parsiajar bahas kali ini. Citizen Journalism! Apa itu Citizen Journalism? Oke, saya akan mulai menjelaskan.
Pernah lihat wartawan bersama reporternya lagi meliput sebuah peristiwa? Tentang artis atau kecelakaan. Saya pernah. Waktu saya nonton konser Dream Theater di ancol waktu itu, saya diliput oleh seorang reporter cewek dari salah satu stasiun TV Swasta. Dia datang bersama reporternya. Dengan berbaju rapi berseragam dengan nuansa warna merah (pasti tahu kan), dilengkapi dengan nametag, dan diikuti oleh lelaki gagah yang memegang kamera besar untuk merekam apa yang ditanyakan. Itulah seorang wartawan.
Bagaimana dengan jurnalis? Bedanya jurnalis datang tidak didampingi oleh reporter, melainkan sendirian. Tapi tetap saja dengan atribut lengkap layaknya seorang wartawan. Nah, apa bedanya dengan Citizen Journalism? Profesi Citizen Journalism tidak ada bedanya dengan wartawan atau jurnalis biasa. Hanya saja, orang yang melakukannya adalah orang biasa yang tidak terikat dengan sebuah perusahaan atau lembaga.
Seorang Citizen Journalist biasanya hanya bermodalkan handycam pribadi dan beberapa catatan kecil. Dia meliput sebuah peristiwa yang terjadi di dekat tempat dia berada. Tidak dilengkapi mobil atau apapun.
Bagaimana dengan penghasilan seorang Citizen Journalist? Biasanya, berita yang dia dapatkan akan diserahkan kepada salah satu stasiun televisi swasta yang mau membelinya, tentunya dengan harga yang disepakati. Oia, kalo misalnya saya jalan-jalan, trus ada tabrakan, trus saya sok-sok menanyai orang sekitar dan merekam kejadian, trus menjualnya ke wartawan, saya juga bias disebut berprofesi sebagai Citizen Journalism lho.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS