Home » » Menabung Untuk Keinginan

Menabung Untuk Keinginan

Setiap manusia tentunya memiliki keinginan, tapi namanya juga keinginan jadi tidak harus diwujudkan. Kalau dalam ilmu ekonomi, keinginan itu boleh tidak dipenuhi sementara yang harus dipenuhi adalah kebutuhan. Keinginan boleh dipenuhi kalau semua kebutuhan sudah terpenuhi. *Kok jadi belajar ekonomi ya?

Saya sendiri juga punya sejuta keinginan dan lebih dari 500 ribu diantaranya belum bisa saya wujudkan dalam 10 tahun ke depan, kecuali saya tiba-tiba mendapat warisan dari Bill Gates dan Larry Page. Tapi, bukan semua keinginan saya hanya mimpi belaka. Beberapa keinginan saya akan terwujud dalam waktu dekat.

Seperti membeli album terbaru Linkin Park yang akan dirilis 26 Juni 2012 mendatang, yaitu Living Things dan melakukan perbaikan besar para laptop Acer kesayangan saya. Maklum, sudah 2 tahun ini laptop saya tidak mendapat perawat hingga performanya jadi semakin berkurang.

Tapi, untuk memenuhi 2 keinginan itu, saya harus berhemat uang jajan, menabung dan tetap meminta uang pada orangtua. Dari hitung-hitungan abstrak yang saya lakukan, 2 keinginan saya itu paling tidak akan menghabiskan biaya 1,4 juta.

Karena uang yang diberikan orangtua belum tentu, maka cara terbaik yang bisa saya lakukan adalah menabung. Yap, menabung dengan memasukan uang dalam celengan. Mungkin terdengar kuno bagi kamu yang tinggal gesek-gesek untuk membeli apa yang diinginkan. Tapi, inilah hidup.

Untuk meningkatkan keinginan saya untuk menabung, saya sengaja membeli sebuah celengan dengan gambar Angry Birds, sebuah game yang selalu membuat saya stress, senang dan galau kalau tidak bisa menyelesaikan salah satu levelnya.



Sampai saat ini, saya belum tau berapa jumlah uang yang ada dalam celengan itu. Rencananya, uang didalamnya akan saya gunakan untuk membeli album ke-5 Linkin Park, Living Things.

Bagaimana menurut kamu? Kampungan? Tentu tidak! Ini namanya kreatif dan hemat. Dari pada selalu meminta uang dalam jumlah besar pada orangtua setiap memiliki keinginan, lebih baik kita menabung sisa uang yang diberikan orangtua untuk mendapatkan keinginan kita.

Menabung itu tidak harus di bank dimana kita mendapat bunga dan dipotong pajak, cukup beli sebuah celengan atau buat sendiri dari kaleng bekas. Walau tidak mendapat bunga, kita tidak akan mendapat potongan kan? Selain itu, kita tidak tau berapa jumlah di dalamnya, bisa banyak, bisa saja sangat sedikit. Hal itu akan membuat kita harus menahan diri untuk membongkarnya.

Memperkirakan jumlah uang dalam celengan hanya dilakukan dengan ilmu kira-kira dan merasakan berat serta mendengarkan suara uang di dalamnya. Jadi, mulailah menabung dari sekarang untuk setiap keinginan yang kamu mau.

Jangan malu dan jangan gengsi, ini cara yang tidak salah dan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS