Home » » Pentingnya Jatuh Cinta

Pentingnya Jatuh Cinta

Bulan Februari adalah bulan penuh kasih sayang. Jadi, tulisan-tulisan di deArryk pada Februari 2012 tidak akan jauh-jauh dari tema Cinta. Beberapa waktu lalu, dearryk sempat menulis tentang Pacaran Itu Sehat dan Baik, yang intinya menjelaskan kalau pacaran bagi para remaja itu tidak selamanya berdampak negatif, bahkan bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Nah, tulisan kali ini tidak jauh beda, karena berusaha menjelaskan kenapa orang yang jatuh cinta itu cenderung lebih sehat dari pada yang sendirian. Apalagi ketika orang itu tidak bisa mengatasi kesendiriannya. 

Keuntungan jatuh cinta bagi kesehatan :



Cinta menurunkan risiko kecanduan alkohol 

Bagi kamu-kamu yang lagi nge-jomblo, mungkin akan menghabiskan malam minggu dengan minum anggur, bir atau minuman beralkohol. Namun, diketahui dari hasil penelitian kalau seseorang yang dalam hubungan asmara kecil kemungkinan untuk mengkonsumsi alkohol. 

Sebuah penelitian menyebutkan :

4% orang yang telah menjalin hubungan asmara selama 2-4 tahun, masih kecanduan alkohol.
3% orang yang telah menjalin hubungan asmara lebih dari 5 tahun, masih kecanduan alkohol.
12% orang yang sedang tidak menjalin hubungan asmara diusia 30an, kecanduan alkohol.
13,5% orang yang tidak menjalin hubungan asmara selama 2 tahun, benar-benar mengalami kecanduan alkohol berat.

Kenapa bisa demikian? Karena cinta itu sendiri sudah menyebabkan kecanduan yang lebih parah dan berat dari kecanduan alkohol. *jawaban dearryk

Cinta membuat kita lebih sering berulangtahun

Jatuh cinta itu sangat berpengaruh pada proses penuaan. Penelitian yang dilakukan di Skotlandia menyatakan wanita yang melakukan hubungan seks sebanyak 4-5 kali dalam seminggu terlihat 10 kali lebih muda dari seharusnya. Pasangan yang saling mencintai bukan hanya memiliki bentuk tubuh yang lebih baik tapi juga kondisi fisik dan mental yang lebih baik.

Penelitian lain menyebutkan, angka kematian pria jomblo antara 30-59 tahun, 2,5 kali lebih tinggi dari pria non-jomblo. Angka kematian wanita jomblo juga 23% lebih tinggi dari wanita yang menikah. Ini karena jomblo memiliki kesehatan yang lebih buruk, pendapatan yang lebih rendah dan terisolasi secara sosial. Bantuan dari orang lain dapat membantu kita agar tetap sehat.

Cinta menyebuhkan penyakit jantung

Cinta itu disimbolkan dengan jantung, mungkin hanya sebuah kebetulan kalau cinta bisa menjadi obat ampuh penyakit jantung. Penelitian yang berlangsung di Carolina menyebutkan jatuh cinta berdampak positif bagi kolesterol. Sementara penelitian di New York mendapatkan hasil kalau hubungan asmara yang baik membuat jantung memiliki ketahanan 3 kali lebih baik.

Cinta juga memberikan manfaat bagi kesehatan jantung seperti mau berhenti merokok, menjaga berat badan dan memperkecil risiko tekanan darah tinggi.

Cinta meningkatkan kesehatan mental kita

Di New Zealand diadakan penelitian terhadap 1000 orang, dimana hasilnya menunjukan mereka yang telah menjalin hubungan lebih dari 5 tahun akan lebih kecil kemungkinan mengalami depresi atau melakukan bunuh diri. Orang  yang sudah menikah juga memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami stress dan depresi dibanding mereka yang jomblo.

Cinta sangat baik bagi wanita

Penelitian di Inggris menyatakan kalau wanita yang sedang menjalin hubungan asmara akan memiliki kualitas diri yang lebih tinggi dari biasanya. Tapi, hal ini justru berlaku terbalik untuk para pria karena mereka malah memiliki kualitas diri yang lebih rendah saat sedang dalam hubungan asmara.

Tapi, hal ini bukan berarti cinta itu tidak baik bagi pria karena 40% pasangan menikah mengatakan mereka bahagia sementara hanya 25% orang jomblo yang mengatakan dirinya bahagia.

Jadi, Jatuh Cinta-lah karena itu adalah obat alami untuk segala penyakit selama cinta yang kalian jalani masih dijalan-Nya.

Source : KasKus

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS