Home » » 7 Cara Sederhana Menjadi Genius

7 Cara Sederhana Menjadi Genius

Setelah sebelumnya menulis tentang Rahasia Menjadi Genius, kali ini saya akan menepati janji dengan menuliskan cara-cara sederhana yang ternyata bisa membuat kita menjadi genius. Tidak percaya? Janganlah! Karena, kita semua harusnya percaya pada Tuhan.

Tapi, sebelum ke inti tulisan. Saya mau sedikit berbagi tentang artian genius ala DeArryk. Bagi saya, orang genius itu bukan hanya orang yang mendapat nilai 100 dalam ulangan matematika, fisika dan biologi. Orang genius bagi saya adalah seseorang yang mampu memaksimalkan kemampuan otaknya pada bidang yang dia sukai.

Kalau memang menyukai renang, maka dia akan memaksimalkan seluruh kemampuan otaknya untuk berenang. Itulah orang genius yang sesungguhnya. Oh ya, orang genius itu tidak harus pintar, tapi diwajibkan cerdas. (menurut DeArryk)



Oke, sekarang langsung ke inti postingan. Tentang cara-cara sederhana untuk menjadi seorang genius.

1. Tidur.

Kalau kita hanya belajar, belajar dan belajar. Tanpa pernah memperhatikan 'porsi' tidur kita, maka tidak akan ada artinya belajar selama apapun. Selama kita tidur, otak kita memilah informasi yang penting bagi kita dan meningkatkan daya ingat. Tapi, hal ini hanya berlaku pada tidur lebih dari 6 jam.

Jadi, kalau kalian masih suka belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), yang udah nggak jaman itu. Jangan harap bisa menjadi orang yang genius. Selain itu, tidur memberikan semangat baru untuk memulai belajar di hari baru.


2. Olahraga.

Aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir adalah berjalan, senam, main petak umpet, main lompat tali atau permainan apapun yang membutuhkan kemampuan fisik dan kemampuan berpikir disaat yang bersamaan. atau yang paling gampang adalah melakukan hom pim pa atau suwit.

3. Makan.

Orang yang kurang makan tidak akan punya tenaga untuk berpikir, sebaliknya orang yang kebanyakan makan akan membuat otaknya jadi tidak cerdas (tumpul). Makanan paling tidak baik untuk otak adalah lemak hewani, sedangkan makanan terbaik adalah yang mengandung omega 3 seperti ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Buah dan sayur juga sangat bermanfaat bagi otak dan bagi tubuh.

4. Musik.

Secara tidak langsung, musik bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Bagi sebagian orang, musik dapat membuat tubuh rileks, pikiran negatif menjauh dan rasa takut berkurang. Nah, hal itulah yang dapat membuat orang menjadi lebih fokus dalam berpikir.

Namun, sebagian orang lagi justru tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik. Jadi, tergantung selera masing-masing. Tapi, kalau saya pribadi selalu ditemani musik dari Linkin Park saat belajar.

5. Bermain

Belajar berlama-lama hanya membuat otak tumpul, jadi selalu sempatkan waktu untuk bermain. Pilihlah permainan yang juga membutuhkan kemampuan berpikir. Jadi, kita tetap bisa belajar secara menyenangkan. Pilihannya, kita bisa bermain secara fisik (futsal, basket, sepakbola, kasti), bermain dengan benda (rubik, suwit, hom pim pa), atau sekedar berkumpul dan ngobrol dengan teman.

6. Meditasi.

Kalau bicara soal meditas, pasti banyak orang yang akan malas melakukannya. Jadi, meditasi saya samakan dengan menenangkan diri. Inti dari meditasi adalah mencari ketenangan. Cara termudahnya adalah dengan bernafas secara berirama.

7. Main PS (Playstation/videogame)

Jaman sekarang masih ada yang bilang main PS cuma buang-buang waktu?! Ow... tidak bisa!! Main videogame adalah salah satu cara menjadi cerdas. Pilihlah permainan yang mengharuskan kita mengambil keputusan dengan cepat, jangan hanya main GTA, God of War atau Manhunt 2.

Kuncinya, pilihlah game yang mengharuskan kita berpikir dan bermainlah secara porposional. Maksimal 1-2 jam per hari.

Oke, sekianlah cara-cara sederhan menjadi seorang genius. Tentunya cara-cara itu tidak akan gunanya kalau kita tidak melakukan kunci utamanya yaitu, BELAJAR.

salam,

-dearryk-

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS