Home » » Tips Memilih Tema Blog

Tips Memilih Tema Blog

Dasar dari sebuah blog bukanlah teknik SEO, link building ataupun kepopuleran si pemiliknya. Tapi, apakah isi blog itu berguna bagi banyak orang. Kalau orang-orang biasanya menyebutkannya sebagai niches blog. Kalau saya sendiri lebih suka menyebutnya sebagai tema atau topik utama.

Pada awalnya, saya hanya menulis tentang blog. Karena, pada dasarnya saya hanya menulis blog untuk sekedar hobi saja dan menghabiskan waktu luang. Tapi, lama-lama saya juga kencaduan untuk menulis blog hampir setiap hari.

Nah, kalau anda baru saja mengalami kecaduan pada blog atau sedang ingin mencoba serius berbisnis dengan blog, saya memiliki sedikit saran buat anda.



"Lebih baik, jangan menulis blog dengan tema bisnis online, bisnis, trading atau yang sejenisnya. Karena, di internet sudah sangat banyak blog dengan tema serupa. Dan menurut beberapa orang, Google kurang suka dengan blog yang bertemakan yang seperti itu.  Ada baiknya anda mencoba tema lain seperti kesehatan, properti, pendidikan, pakaian, perhotelan atau tema lain yang belum banyak dipakai oleh orang.


Walaupun belum banyak dipakai orang, bukan berarti tema itu tidak banyak dicari. Melainkan tema-tema tersebut kemungkinan besar dikuasai oleh blog-blog Auto Generated Content (AGC). Selain itu, peluang untuk menjalankan bisnis di blog yang memiliki tema bukan bisnis, lebih terbuka lebar."

Dan berikut ini adalah sedikit tips dari saya untuk memilih tema blog  :

1. Pilih tema yang masih sepi. Alasannya sudah saya jelaskan diatas, selain karena alasan diatas. Dengan memilih tema yang lebih sepi, blog kita akan lebih mudah bersaing di mesin pencari demi menjadi yang nomor 1. Oh ya, tema yang masih sepi bukan berarti tema tersebut tidak populer/tidak banyak dicari. Melainkan tema tersebut banyak dicari orang, tapi masih sedikit yang menulis tentang tema tersebut.

2. Menentukan tema yang lebih baik. Tema yang anda pilih jangan terlalu luas ataupun hanya sebuah tema yang terlalu khusus, kecuali jika anda sedang membidik kata kunci atau membuat blog khusus untuk dijual atau paid review, anda boleh membuat blog dengan tema sangat khusus.

Misalnya, anda ingin menulis blog tentang kesehatan. Itu akan menyulitkan anda, karena banyak sekali hal yang berhubungan dengan kesehatan, mulai dari penyakit hingga obatnya. Sementara, kalau anda memilih tema obat malaria. Anda akan sangat kesulitan mencari bahan postingan, karena obat malaria hanya seperti itu saja.

Lebih baik anda membahas tentang malaria, anda bisa menulis tentang obatnya, cara pencegahannya, cara penularannya, sejarahnya dan banyak lagi.

3. Pilih tema yang anda sukai. Jangan hanya menulis yang banyak dicari dan disukai oleh orang, tapi yang lebih penting, tulis tentang apa yang anda sukai. Dengan begitu, semangat anda dalam menulis tidak akan mudah padam dan tidak akan mudah kehabisan ide.

Misalnya anda menyukai melukis, tapi anda menulis blog tentang kesehatan. Bisa-bisa tips yang anda berikan menyebabkan seseorang masuk rumah sakit. hehehe.... (just kidding).

4. Jangan pilih tema musiman. Ini sempat saya alami beberapa bulan lalu saat musimnya Ujian Nasional dan saya sempat menulis 10 artikel tentang ujian nasional 2011, dalam 1 hari. Bisa mencapai 400 kunjungan dan lebih dari 1000 page views. Terbayangkan banyaknya (ukuran saya)?

Tapi, setelah ujian nasional usai tak satu pun pengunjung yang mencari tentang ujian nasional. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menulis blog dengan tema musiman. Lebih baik anda memilih induk temanya saja. Misalnya tema ujian nasional, induk temanya adalah pendidikan. Atau, kalau mau lebih khusus. Anda bisa memilih tema pendidikan dasar saja.

Oke, sekianlah tips-tips saya tentang memilih tema blog. Semoga bisa membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah Pasang Iklan Murah
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS